PROPOSAL PERMOHONAN MODAL USAHA
A. PENDAHULUAN
Dengan hal
ini kami mencoba untuk menyampaikan aspirasi kepada investor mengenai usaha
yang kami tekuni. Kami telah lama menekuni pekerjaan bidang Pengelasan namun
kami merasa belum dapat berkembang sesuai dengan harapan,hal ini karena
besarnya kendala yang kami hadapi yaitu minimnya permodalan yang kami
miliki. Untuk itu kami berfikir dan berusaha mengajukan permohonan bantuan
kepada Para investor sebagaimana program – program daerah di bidanglainya,
seperti Dinas perikanan ada hibah UPR, pembuatan pakan ikan dll, serta dinas
perindustrian dan perdagangan ada hibah sepertimesin jahit, wollsum, dan
alat pertanian, dll.namun hingga saat ini usaha kami tidak di lirik
dan
Berdasarkan perbandingan tersebut diatas, kami mengajukan permohonan
bantuan modal usaha pengembangan bunga potong kepada investor. Hal ini
kiranya tidak merupakan tindakan yang berlebihan melainkan ini merupakan
aspirasi agar Para investor dapat melaksanakan program Kami dengan seimbang
dan proporsional.
B. DASAR PEMIKIRAN
Semakinmaraknya persaingan di
dunia usaha di semua kalangan membuat pengusaha kecil semakin tersisihkan
atau tersingkir dari perhelatan kompetisi menghasilkan dan memasarkan hasil
usaha. Hal ini diakibatkan karena persaingan ditingkat permodalan.
Semakin
hari meningkat perkembangan gayahidup manusia, hal ini menuntut
meningkatnya tehnologi yang dimiliki oleh para desainer, termasuk didunia
pertukangan terbukti dengan banyaknya model Pintu dan Pagar Besi yang
beredar dengan desain baru dengan motif yang baru pula.
Untuk itu, agar
tidak terlalu jauh tertinggal atau adaketimpangan yang interfalnya terlalu
jauh antara pengusaha menengah keatas dan pengusaha kecil, Untuk itu kami
pun Memiliki ide pengembangan usaha kami.
C. JENIS USAHA
Jenis usaha
yang kami tekuni adalah " Bengkel Las Zahra Henderson Metal Door Plus
"
D. IDENTITAS PEMILIK USAHA
Nama : Mugi Priatna
Tempat Tgl Lahir :
Kabupaten Sukabumi 28 November 1984
Alamat: Cimaja-Girang Rt 05 Rw 03,
Desa Cimaja,
Kecamatan Cikakak, kabupaten Sukabumi.
E. TENAGA
KERJA
Tenaga yang kami miliki baru 3 (tiga) orang yang terdiri saya
sebagai pemilik usaha sekaligus fitter,Yang ke 2 (dua) adik saya Tukang Las
(WELDER FABRICATOR) dan Yang ke 3( Tiga ) karyawan tenaga pembantu (Helper)
.
F. MAKSUD DAN TUJUAN
1. Maksud
Maksud dari kami mengajukan
permohonan bantuan modal usaha ini adalah untuk mengembangkan usaha demi
meningkatkan daya produksi dan pendapatan yang pada akhirnya dapat
meningkatkan kesejahteraan keluarga dan karyawan.
2. Tujuan
Tujuan
mengajukan permohonan bantuan modal usaha ini adalah untuk membeli peralatan
atau perlengkapan pertukangan, mengingat kompetisi usaha perbengkelan atau
pengelasan semakin pesat.
G. BAHAN BAKU
a. Stal Hollow berbagai
Ukuran;
b. Pipa Besi Berbagai ukuran dan Motif;
c. Besi Nako berbagai
Ukuran Motif ;
d. Kawat las,Batu Gerinda ; dan
e. Dan lain Sebagainya
Sesuai Dengan Model pemesanan
H. PEMASARAN YANG SUDAH BERJALAN
Pola
pemasaran yang sudah kami lakukan adalah:
Mengingat terbatasnya kemampuan
Modal dan peralatan yang kami miliki, kami baru dapat melayani
PEMESANAN
I. PRODUKTIFITAS
Produksi yang kami hasilkan rata – rata
adalah hasil dari Marketing Royal kwalitas Perkerjaan Yang Sampai Saat ini
memiliki kepercayaan Pelangganan dan Sering juga kami melalukan Order
keliling ke pelosok desa untuk Mendapatkan konsumen sehinga kami baru bisa
Produksi.Bagaimana kami melayani konsumen sementara kami tidak memiliki
Bengkel,Untuk sa'at ini kami menyewa bengkel milik orang lain.
J. JENIS
PRODUKSI
Produksi yang kami hasilkan berupa,antara lain :
a. Metal Door
(New Product)
Metal Door adalah Produk terbaru dari kami yanglangka di pasaran.Produk ini
adalah Pintu yang terbuat dari Plat besi didisain seperti pintu kayu mulai
dari engsel,hendel,dan kunci
b. Henderson
c. Pintu dan Pagar
Minimalis/Tempa
d. Canopy
e. Balkon
f. Meja dan Kursi
g. Follding
Gate
h. Konstruksi Besi-Baja
i. Dll
K. RENCANA PEMASARAN
Untuk
meningkatkan dan mengenalkan produksi, kami akan melakukan system :
a.Membuat 10 sampel Produk METALDOOR yang akan di pamerkan pada pembukaan
Bengkel untuk pengenalan Produk terbaru
b.Membuat Domain-web hosting
Penjualan/pemesanan di Internet.
c. Sales Marketing.
d. Kerja sama
dengan Kontraktor.
L.KEBUTUHAN TEMPAT DAN LISTRIK
1.Tempat (Bangunan) Sewa Tempat selama 3tahun @15.000.000,00
45.000.000,00
2.Pengadaan Listrik 2fase 7000watt 5.000.000,00
M.KEBUTUHAN PERALATAN 1 Serkel Meja Plat 2@3.000.000,00 6.000.000,00
2
Mesin Las Mig(C02) 1@ 21.500.000,00 21.500.000,00
3 Travo Las Inventer 2
@1.500.000,00 3.000.000,00
4 Mesin Potong ( Cutting Wel ) 1 @1.600.000,00
1.600.000,00
5 Mesin Amplas 1 @750.000,00 750.000,00
6 Mesin Gerinda
Tangan 2 @500.000,00 1.000.000,00
7 Bor duduk 1 @1.800.000,00 1.800.000,00
8.Bor Tangan 2 @750.000 1.500.000,00
9.Gunting flat 1 @950.000,00 950.000,00
10.Bor Tapping 1.@2.000.000,00 2.000.000,00
11.Genset 1@7.500.000,00 7.500.000,00
12.Dan lain-lain untuk 33.650.000,00kelengkapan Peralatan bengkel
JUMLAH 100.000.000,00
N.Segmentasi Pasar
Dalam produk ini kami juga menerapkan Standarisasi untuk semua kalangan
sehingga dapat di jangkau oleh lapisan masyarakat.
0.Analisa Keuangan
Dalam setiap Produksi kami menerapkan No.Order dan surat order yang
menerangkan biaya Produksi dan laba-rugi dalam setiap 1 (satu)
Produksi.tidak ketinggalan dalam menganalisa Keuangan Harian kami menerapkan
Jurnal umum,kami memberikan 30% keuntungandalam 1thn.
Contact Person: Mugi Priatna
Phone: 087721695168
Address: Cimaja-Pelabuhan Ratu
Email : mugi.priatna@yahoo.com
A. PENDAHULUAN
Dengan hal
ini kami mencoba untuk menyampaikan aspirasi kepada investor mengenai usaha
yang kami tekuni. Kami telah lama menekuni pekerjaan bidang Pengelasan namun
kami merasa belum dapat berkembang sesuai dengan harapan,hal ini karena
besarnya kendala yang kami hadapi yaitu minimnya permodalan yang kami
miliki. Untuk itu kami berfikir dan berusaha mengajukan permohonan bantuan
kepada Para investor sebagaimana program – program daerah di bidanglainya,
seperti Dinas perikanan ada hibah UPR, pembuatan pakan ikan dll, serta dinas
perindustrian dan perdagangan ada hibah sepertimesin jahit, wollsum, dan
alat pertanian, dll.namun hingga saat ini usaha kami tidak di lirik
dan
Berdasarkan perbandingan tersebut diatas, kami mengajukan permohonan
bantuan modal usaha pengembangan bunga potong kepada investor. Hal ini
kiranya tidak merupakan tindakan yang berlebihan melainkan ini merupakan
aspirasi agar Para investor dapat melaksanakan program Kami dengan seimbang
dan proporsional.
B. DASAR PEMIKIRAN
Semakinmaraknya persaingan di
dunia usaha di semua kalangan membuat pengusaha kecil semakin tersisihkan
atau tersingkir dari perhelatan kompetisi menghasilkan dan memasarkan hasil
usaha. Hal ini diakibatkan karena persaingan ditingkat permodalan.
Semakin
hari meningkat perkembangan gayahidup manusia, hal ini menuntut
meningkatnya tehnologi yang dimiliki oleh para desainer, termasuk didunia
pertukangan terbukti dengan banyaknya model Pintu dan Pagar Besi yang
beredar dengan desain baru dengan motif yang baru pula.
Untuk itu, agar
tidak terlalu jauh tertinggal atau adaketimpangan yang interfalnya terlalu
jauh antara pengusaha menengah keatas dan pengusaha kecil, Untuk itu kami
pun Memiliki ide pengembangan usaha kami.
C. JENIS USAHA
Jenis usaha
yang kami tekuni adalah " Bengkel Las Zahra Henderson Metal Door Plus
"
D. IDENTITAS PEMILIK USAHA
Nama : Mugi Priatna
Tempat Tgl Lahir :
Kabupaten Sukabumi 28 November 1984
Alamat: Cimaja-Girang Rt 05 Rw 03,
Desa Cimaja,
Kecamatan Cikakak, kabupaten Sukabumi.
E. TENAGA
KERJA
Tenaga yang kami miliki baru 3 (tiga) orang yang terdiri saya
sebagai pemilik usaha sekaligus fitter,Yang ke 2 (dua) adik saya Tukang Las
(WELDER FABRICATOR) dan Yang ke 3( Tiga ) karyawan tenaga pembantu (Helper)
.
F. MAKSUD DAN TUJUAN
1. Maksud
Maksud dari kami mengajukan
permohonan bantuan modal usaha ini adalah untuk mengembangkan usaha demi
meningkatkan daya produksi dan pendapatan yang pada akhirnya dapat
meningkatkan kesejahteraan keluarga dan karyawan.
2. Tujuan
Tujuan
mengajukan permohonan bantuan modal usaha ini adalah untuk membeli peralatan
atau perlengkapan pertukangan, mengingat kompetisi usaha perbengkelan atau
pengelasan semakin pesat.
G. BAHAN BAKU
a. Stal Hollow berbagai
Ukuran;
b. Pipa Besi Berbagai ukuran dan Motif;
c. Besi Nako berbagai
Ukuran Motif ;
d. Kawat las,Batu Gerinda ; dan
e. Dan lain Sebagainya
Sesuai Dengan Model pemesanan
H. PEMASARAN YANG SUDAH BERJALAN
Pola
pemasaran yang sudah kami lakukan adalah:
Mengingat terbatasnya kemampuan
Modal dan peralatan yang kami miliki, kami baru dapat melayani
PEMESANAN
I. PRODUKTIFITAS
Produksi yang kami hasilkan rata – rata
adalah hasil dari Marketing Royal kwalitas Perkerjaan Yang Sampai Saat ini
memiliki kepercayaan Pelangganan dan Sering juga kami melalukan Order
keliling ke pelosok desa untuk Mendapatkan konsumen sehinga kami baru bisa
Produksi.Bagaimana kami melayani konsumen sementara kami tidak memiliki
Bengkel,Untuk sa'at ini kami menyewa bengkel milik orang lain.
J. JENIS
PRODUKSI
Produksi yang kami hasilkan berupa,antara lain :
a. Metal Door
(New Product)
Metal Door adalah Produk terbaru dari kami yanglangka di pasaran.Produk ini
adalah Pintu yang terbuat dari Plat besi didisain seperti pintu kayu mulai
dari engsel,hendel,dan kunci
b. Henderson
c. Pintu dan Pagar
Minimalis/Tempa
d. Canopy
e. Balkon
f. Meja dan Kursi
g. Follding
Gate
h. Konstruksi Besi-Baja
i. Dll
K. RENCANA PEMASARAN
Untuk
meningkatkan dan mengenalkan produksi, kami akan melakukan system :
a.Membuat 10 sampel Produk METALDOOR yang akan di pamerkan pada pembukaan
Bengkel untuk pengenalan Produk terbaru
b.Membuat Domain-web hosting
Penjualan/pemesanan di Internet.
c. Sales Marketing.
d. Kerja sama
dengan Kontraktor.
L.KEBUTUHAN TEMPAT DAN LISTRIK
1.Tempat (Bangunan) Sewa Tempat selama 3tahun @15.000.000,00
45.000.000,00
2.Pengadaan Listrik 2fase 7000watt 5.000.000,00
M.KEBUTUHAN PERALATAN 1 Serkel Meja Plat 2@3.000.000,00 6.000.000,00
2
Mesin Las Mig(C02) 1@ 21.500.000,00 21.500.000,00
3 Travo Las Inventer 2
@1.500.000,00 3.000.000,00
4 Mesin Potong ( Cutting Wel ) 1 @1.600.000,00
1.600.000,00
5 Mesin Amplas 1 @750.000,00 750.000,00
6 Mesin Gerinda
Tangan 2 @500.000,00 1.000.000,00
7 Bor duduk 1 @1.800.000,00 1.800.000,00
8.Bor Tangan 2 @750.000 1.500.000,00
9.Gunting flat 1 @950.000,00 950.000,00
10.Bor Tapping 1.@2.000.000,00 2.000.000,00
11.Genset 1@7.500.000,00 7.500.000,00
12.Dan lain-lain untuk 33.650.000,00kelengkapan Peralatan bengkel
JUMLAH 100.000.000,00
N.Segmentasi Pasar
Dalam produk ini kami juga menerapkan Standarisasi untuk semua kalangan
sehingga dapat di jangkau oleh lapisan masyarakat.
0.Analisa Keuangan
Dalam setiap Produksi kami menerapkan No.Order dan surat order yang
menerangkan biaya Produksi dan laba-rugi dalam setiap 1 (satu)
Produksi.tidak ketinggalan dalam menganalisa Keuangan Harian kami menerapkan
Jurnal umum,kami memberikan 30% keuntungandalam 1thn.
Contact Person: Mugi Priatna
Phone: 087721695168
Address: Cimaja-Pelabuhan Ratu
Email : mugi.priatna@yahoo.com
PROPOSAL PENGAJUAN USAHA
PROPOSAL/ USULAN
PROGRAM MAHASISWA
WIRAUSAHA
UNIVERSITAS GUNADARMA

Judul Rencana Usaha
PENJUALAN PAKAIAN DAN
AKSESORIS KHUSUS PRIA
Nama / NPM : 1. KRISTIYANTO / 44112131
: 2. I GDE ARDIKAYANA / 43112506
RINGKASAN PROYEK
A. MANAJEMEN
•Nama Unit Usaha :
MACHODISTRO
•Bidang Usaha :
Penjualan Pakaian dan Aksesoris Khusus Pria
•Jumlah
Karyawan/ Tenaga Kerja :
4 ORANG
B. PEMASARAN
•Produk yang
Dipasarkan :
Pakaian Distro dan Aksesoris Berkualitas
•Sasaran Konsumen/
Pembeli :
Masyarakat, Pelajar, dan Mahasiswa
•Wilayah
Pemasaran :
Kota Bekasi (Direct Marketing) dan
Seluruh
Wilayah Indonesia (Internet Marketing)
•Rencana
Penjualan minimum /Bulan :
Rp28.637.500
•Penetapan Harga
Jual :
Bervariasi
C. PRODUKSI/ OPERASI
•Kapasitas
Penjualan :
Rp33.100.000
•Ketersediaan
Persediaan :
BELUM ADA
•Fasilitas/
Sarana Pemasaran :
Di Perum. Bulak Kapal Permai Bekasi Timur
D. KEUANGAN
•Total
Pembiayaan Proyek
: Rp32.000.000
•Modal Sendiri :
Rp0
•Biaya yang
diusulkan
: Rp32.000.000
•Rencana
Penjualan per-Tahun (Rp) : 397.200.000
•Keuntungan
per-Tahun (Rp) : 74.424.080
I. Latar Belakang
1.1. Dasar Gagasan Usaha
1.1.1. Pendahuluan
Kebutuhan akan
sandang merupakan kebutuhan primer setiap orang. Dari tahun ke tahun
peningkatan dari produk ini sangatlah pesat. Untuk memenuhi tren saat ini
diperlukannya unit usaha yang dapat menyediakan produk tersebut. Tetapi
penyediaan produk yang berkualitas hanya sedikit yang kita jumpai di daerah
Bekasi karena kualitas dari pakaian yang dijual di Pasar Klithikan rata-rata
adalah kualitas biasa. Disini kita akan menerapkan penjualan pakaian dan aksesoris berkualitas
dengan harga terjangkau atau berskala pakaian distro.
Perkembangan
penawaran disektor Reseller Pakaian dan Aksesoris pada saat ini memang umum
telah dilakukan. Hal tersebut disebabkan karena sektor usaha ini sudah dibidik
secara serius. Oleh karena itu, agar usaha Toko/Kios Pakaian dan Aksesoris ini menjadi lebih baik maka perlu peningkatan
penawaran yang memberikan nilai lebih bagi konsumen dengan cara mendiskon harga
dengan ketentuan yang berlaku.
Mengingat adanya
peluang yang besar dalam usaha Toko/ Kios Pakaian dan Aksesoris pada masa yang
akan datang, maka perlu adanya penawaran produk yang memberikan nilai lebih dan
manfaat bagi konsumen. Penawaran tersebut akan semakin variatif (lebih banyak
produk yang ditawarkan dalam hal ini tidak dimiliki oleh pesaing) maupun lebih
kompetitif karena sudah ditunjang dengan perangkat teknologi informasi yang
memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi atau sebatas bertukar informasi.
Kebutuhan
pakaian pria dan aksesoris sangat banyak peminatnya di Pasar Klithikan, hal ini
telah dibuktikan berdasarkan hasil survey pasar yang telah kami lakukan.
Terdapat 750-1000 pengunjung setiap harinya dari sekian jumlah tersebut 90%
adalah berjenis kelamin pria. Hal ini merupakan peluang bagi kami untuk
menyediakan produk yang mereka butuhkan.
Kami telah
mendapatkan ruang usaha di Perum. Bulak Kapal Permai sebagai pusat penjualan
pakaian. Dan Rencananya akan kami lakukan pengembangan usaha yaitu menyewa
rumah/ Ruko/ Ruang Usaha yang berbentuk Toko. Dan setiap tahunnya akan membuka
cabang baru sebagai perluasan wilayah pemasaran kami.
1.1.2. Prospek Pasar
Penjualan
pakaian dan aksesoris di daerah Bekasi sangatlah menguntungkan, karena setiap
harinya tidak pernah sepi dari pengunjung. Rata-rata produk yang dijual di
Bekasi adalah kualitas biasa. Dengan adanya MACHODISTRO serta dukungan finansial, kami mampu menjawab
tantangan tesebut. Kami akan menjual barang yang berkualitas tentunya dengan
harga yang kompetitif.
1.1.3. Manfaat Ekonomi
Usaha ini dapat
memberdayakan kami sebagai pengusaha
demi meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, sehingga dapat mengurangi beban
orang tua dalam membiaya kuliah kami.
1.1.4. Manfaat Sosial
Tidak menutup
kemungkinan kami akan membuka cabang baru untuk memperluas wilayah pemasaran.
Harapan kami setiap tahunnya ada Cabang baru yang akan kami dirikan. Hal ini
jelas dapat merekrut dan membuka lapangan pekerjaan baru, sehingga dapat
mengurangi angka pengangguran di Indonesia.
Kami juga ingin
merubah paradigma masyarakat Bekasi khususnya, bahwa di daerah Bekasi juga
menjual barang-barang yang berkualitas dengan harga murah yang tidak kalah
dengan Toko atau distro pada umumnya, tidak seperti sekarang ini bahwa
masyarakat Bekasi khususnya Mahasiswa/ Pelajar malu kalau beli pakaian mereka
tersebut di Pasar yang notabene nya
barang-barang yang dijual tidak berkualitas. Hal ini hanyalah tempat yang
membedakan produk kami, sedangkan merek dan nama barang serta kualitasnya sama.
2. Aspek Pemasaran
2.1. Gambaran Umum Pasar
1. Jenis produk
yang dipasarkan adalah Pakaian distro dan Aksesoris yang berkualitas dengan
harga kompetitif, karena rata-rata produk serupa yang dipasarkan adalah
kualitas menengah ke bawah atau kualitas biasa.
2. Wilayah
Pemasaran mencakup daerah Kota Bekasi untuk sistem penjualan langsung
atau Direct Marketing dan seluruh wilayah Indonesia
untuk sistem e-commerce atau
internet marketing dan Media Katalog.
3. Yang menjadi
segmen dari usaha Penjualan Pakaian dan aksesoris ini adalah
a. Segmen pasar
Khusus Pria (untuk tipe Penjualan secara direct marketing atau penjualan langsung di Distro),
b. Segmen Pasar
Umum Pria dan Wanita (Untuk tipe penjualan internet marketing karena menggunakan media Katalog dan
Pembelian langsung).
2.2.
Permintaan
2.2.1. Proyeksi Permintaan Selama 1 tahun
Dengan adanya modal dari
Kopertis V, maka kami dapat memproyeksikan penjualan kami dapat meningkat
setiap bulannya yaitu sebesar 10% dan mengalami puncak penjualan pada bulan
ke-6.
NO
|
JENIS PRODUK
|
Target Penjualan Untuk Bulan Ke-
|
|||||||||||
PAKAIAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
|
1
|
Celana Panjang Standar (Bahan Jeans)
|
50
|
55
|
61
|
67
|
73
|
81
|
81
|
81
|
81
|
81
|
81
|
81
|
2
|
Celana Panjang Pensil
(Bahan Jeans)
|
50
|
55
|
61
|
67
|
73
|
81
|
81
|
81
|
81
|
81
|
81
|
81
|
3
|
Celana Panjang
standar (Bahan Kain)
|
35
|
39
|
42
|
47
|
51
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
4
|
Celana Pendek
|
35
|
39
|
42
|
47
|
51
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
5
|
Polo Shirt
|
35
|
39
|
42
|
47
|
51
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
6
|
Baju Kemeja
|
50
|
55
|
61
|
67
|
73
|
81
|
81
|
81
|
81
|
81
|
81
|
81
|
7
|
T-Shirt
|
80
|
88
|
97
|
106
|
117
|
129
|
129
|
129
|
129
|
129
|
129
|
129
|
AKSESORIS
|
||||||||||||||
1
|
Topi
|
35
|
39
|
42
|
47
|
51
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
|
2
|
Tali Pinggang
|
35
|
39
|
42
|
47
|
51
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
|
3
|
Dompet
|
35
|
39
|
42
|
47
|
51
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
|
4
|
Gelang
|
35
|
39
|
42
|
47
|
51
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
|
5
|
Cincin
|
35
|
39
|
42
|
47
|
51
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
|
6
|
Kalung
|
35
|
39
|
42
|
47
|
51
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
56
|
|
7
|
Sarung HP bergambar
|
100
|
110
|
121
|
133
|
146
|
161
|
161
|
161
|
161
|
161
|
161
|
161
|
|
KATALOG
|
||||||||||||||
1
|
Penjualan
Katalog
|
40
|
44
|
48
|
53
|
59
|
64
|
64
|
64
|
64
|
64
|
64
|
64
|
|
2.3. Strategi
Pemasaran Perusahaan
Strategi
pemasaran yang dilakukan :
a. Keterangan Produk
- Mutu : Pakaian dan Aksesoris yang dipasarkan adalah
mutunya terjamin dan berkualitas atau kualitas berskala distro. Berbeda dari
kualitas yang kebanyakan dijual di daerah Bekasi.
- Ukuran : S, M, L, XL
- Kemasan : Tidak ada kemasan atau masih
berlabel, kecuali aksesoris sebagian ada yang berkemasan
b. Harga Produk
- Harga :
bervariasi
- Syarat
pembayaran : Cash
tunai atau transfer Bank
- Potongan : Kami
akan memberikan diskon 5% setiap pembelian diatas Rp3.000.000,-
c. Jalur Penjualan
Dengan adanya
produk yang kami tawarkan di atas, sehingga
Ada tiga sistem
marketing yang kami terapkan yaitu :
1.Direct Selling
Kami akan
melakukan penjualan langsung di Toko/Kios dengan sistem pembagian waktu jaga
Kios/ Lapak yang dimulai dari pukul 10.00 WIB s.d 22.00 WIB.
2.Internet Marketing
Kami akan
menjual produk kami lewat internet dengan situs pribadi yang telah kami miliki
yaitu www.MACHODISTRO.com dengan
konsep e-commerce webdesign, sehingga konsumen di situs kami bisa cek harga,
cek model (melihat gambar + Keterangan produk), cek persediaan, cek ukuran, dan
dapat melakukan pembelian langsung di situs kami. Pembayaran dilakukan dengan
cara transfer bank.
3.Media Katalog
Kami juga akan
menyebarluaskan bisnis kami ini dengan media Katalog yang akan dipasarkan lewat
Website kami yaitu www.MACHODISTRO.com
dengan sistem merekrut reseller/ agen baru sebagai upaya untuk mengembangkan
wilayah pemasaran produk kami dengan target yaitu seluruh wilayah Indonesia.
Katalog ini akan kami berikan kepada pemesan/ calon agen/ calon reseller
seharga Rp40.000,-/ Katalog yang berisi daftar harga pakaian dan aksesoris
serta gambar yang menarik.
Beragam
keuntungan bisnis lewat Katalog ini, antara lain :
-Modal kecil,
-Hanya
bermodalkan katalog,
-Katalog
berisikan 500 macam produk beserta daftar harga dasar serta harga jual,
-Bisa dijalankan
oleh siapa saja seperti : Ibu Rumah Tangga, Pelajar/Mahasiswa/i, Pegawai,
Pemilik Distro/Toko, Agen, dan lain-lain.
-Tidak perlu
menyetok barang,
-Tidak ada
target penjualan,
-Harga
disesuaikan sendiri, sesuai target pasar yang dituju,
-Barang bisa di
retur, dan masih banyak yang lainnya.
Ketentuan serta fasilitas menjadi agen/ reseller pada smart-3 adalah
sebagai berikut :
1.Anda bisa mendapatkan
katalog produk smart-3 dengan
pilihan paket :
PAKET ESKLUSIF : Anda Melakukan pembelian pertama senilai
minimum Rp1.000.000 maka anda akan
mendapatkan Katalog dan panduan
bisnisnya secara gratis.
PAKET BISNIS : Anda Melakukan pembelian pertama senilai
minimum Rp500.000 maka anda akan
mendapatkan Katalog dan panduan
bisnisnya dengan diberikan diskon sebesar 50% dari harga Katalog yaitu sebesar Rp20.000,-.
PAKET EKONOMI : Anda tidak perlu melakukan pembelian barang, cukup membeli Katalog saja seharga
Rp40.000,-
1.Setelah mendapatkan
katalog, anda mengirimkan biodata untuk menjadi agen/ reseller smart-3 Toko/ Kios Pakaian dan
Aksesoris Online, ke alamat email adminmacho@gmail.com dengan format sbb:
o
Nama Lengkap :
o
No HP
:
o
Email
:
o
Alamat Lengkap :
2. Atau SMS ke 082125827656, dengan format :
Nama Lengkap/ No HP/ email/ Alamat
Lengkap
3.Transaksi agen akan kami
anggap sah jika transaksi agen sesuai dengan biodata anda,
4. Awal pembelanjaan minimal 5 buah,
selanjutnya minimal 3 buah,
5. Pada awal pembelanjaan berlaku
harga dasar bagi agen,
6. Kami akan memberikan cash
back langsung setiap transaksi sebesar 5 % apabila pembelanjaan minimal Rp. 3.000.000,-
7. Kami akan memberikan langsung beragam bonus menarik apabila pembelanjaan minimal Rp. 5.000.000,-
8. Ketentuan retur barang Garansi
dari kami,
apabila dari pesanan atau order (produk katalog) terdapat produk yang tidak
cocok warna, model, ukuran dan rusak (cacat produksi), maka produk dapat diretur (ditukar) kembali pada kami dalam waktu 2
minggu setelah faktur pembelian, dengan ketentuan kondisi tag (label
stiker) masih utuh, layak dijual kembali, serta tidak rusak/ kotor serta
ongkos kirim ditanggung agen.
Cara Transaksi Agen
1. Pemesanan bisa melalui SMS/ Telp/ email/ YM :
SMS/Telp : 082125827656
email : adminmacho@gmail.com
2. Dengan format pemesanan sebagai berikut :
(No
Urut-Ukuran-Jumlah), (No Urut-Ukuran-Jumlah), dst. contoh : (12-M-1),(32-L-3),(91-AS-2),dst
3. Setelah pemesanan, kami akan mengkonfirmasi ke anda
setelah mengecek ketersediaan barang serta menghitung jumlah pembayaran beserta
ongkos kirimnya.
4. Setelah mendapatkan konfirmasi pembayaran, kemudian
anda transfer ke nomor rekening sbb :
BCA : 126
0450 471 a.n A. RODES MEDO
5. Setelah transfer, anda konfirmasi transfer kepada
kami beserta alamat tujuan paket barang dengan format:
SUDAH
TRANSFER#<nominal uang>#<nama bank>#<nama anda>#<alamat
lengkap>#<pesan, jika ada>contoh : SUDAH
TRANSFER#123.000#BCA# RODES# Jl. S.Parman
No. 20 Yogyakarta 55252#tolong
dikirim secepat mungkin
6. Setelah kami menerima konfirmasi dari anda, maka
kami akan mengirimkan pesanan anda secepatnya melalui jasa paket kilat seperti TIKI,
JNE, POS, PAHALA, dsb.
7. Kami akan mengirimkan konfirmasi kepada anda
setelah pesanan anda kami kirim
8. Segala hal ataupun ketentuan diatas dapat berubah
tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Info lebih lanjut hubungi SMS/ Call
Center kami di 085664988830
d. Promosi
Promosi dilakukan dengan penyebaran brosur, leaflet, Katalog,
dan Kami akan melakukan iklan di internet untuk menjual produk yang kami
tawarkan dengan mendaftarkan situs kami pada layanan penyedia iklan di
internet. Dan memasang banner pada situs yang relevan untuk mempromosikan
keberadaan Toko/ Kios Online kami ini. Dan juga kami akan membuat grup di
Facebook dan twitter sebagai langkah mempercepat penjualan dan forum diskusi
mengenai produk-produk yang kami tawarkan.
2.6.
Penetapan Harga Jual*
NO
|
JENIS PRODUK
|
Harga Jual / Unit ( Rp ) untuk bulan ke-
|
|||||
PAKAIAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
1
|
Celana Panjang Standar (Bahan Jeans)
|
85.000
|
|||||
2
|
Celana Panjang Pensil
(Bahan Jeans)
|
90.000
|
|||||
3
|
Celana Panjang
standar (Bahan Kain)
|
70.000
|
|||||
4
|
Celana Pendek
|
60.000
|
|||||
5
|
Polo Shirt
|
45.000
|
|||||
6
|
Baju Kemeja
|
50.000
|
|||||
7
|
t-Shirt
|
40.000
|
|||||
AKSESORIS
|
|||||||
1
|
Topi
|
15.000
|
|||||
2
|
Tali Pinggang
|
25.000
|
|||||
3
|
Dompet
|
25.000
|
|||||
4
|
Gelang
|
7.500
|
|||||
5
|
Cincin
|
25.000
|
|||||
6
|
Kalung
|
30.000
|
|||||
7
|
Sarung HP bergambar
|
20.000
|
|||||
KATALOG
|
|||||||
1
|
Penjualan Katalog
|
40.000
|
*harga dapat
berubah sewaktu-waktu berdasarkan kenaikan harga dari vendor
3.
Aspek Operasi
3.1. Produk
1. Ciri-ciri produk
a. Berukuran S, M, L, XL
b. Warna bervariasi disesuaikan dengan kebutuhan
c. Pakaian berbahan jeans, cotton berkualitas
d. Memiliki Merk Terkenal seperti Rollink, Black ID, Kiddrock dll
e. Aksesoris disesuaikan dengan kebutuhan
2. Kegunaan Utama Produk
a.Untuk memenuhi kebutuhan tren/ fashion anak muda
b.Untuk mempergaya dan menambah percaya diri pemakai produk yang kami jual
karena bukan murahan.
ANALISIS LINGKUNGAN
a. DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR
- Dengan adanya produk yang murah dan berkualitas menjadikan kios/ lapak kami merupakan tempat terfavorite di pasar
klithikan.
- Memberikan paradigma baru kepada masyarakat bahwa Pasar Klithikan menjual
barang-barang yang berkualitas
- Kami bisa mengembangkan jiwa kewirausahaan sehingga kami mengerti bisnis
realnya
- Tekhnologi yang kami terapkan dapat diakses oleh masyarakat pada umumnya
sebagai media referensi mereka dalam membeli suatu produk pakaian dan aksesoris
b. ANALISIS RESIKO USAHA
- Adanya manajemen pengelolah yang kurang jujur
- Terdapatnya cacat pada barang yang dibeli
- Barang yang tidak laku
- Tempat yang kurang strategis
- Tidak adanya persediaan pada saat pemesanan barang oleh konsumen melalui
katalog
c.
ANTISIPASI RESIKO USAHA
-
Kita akan membuat Buku Besar, Jurnal
Kas Masuk, Jurnal Kas Keluar, Kartu Persediaan, dan Kita akan merancang sistem
akuntansi yang baik dan membuat nota pembelian.
-
Kita akan mengikat kerjasama yang
baik dengan vendor dengan prinsip barang dapat diretur apabila cacat, rusak
atau tidk sesuai dengan pesanan.
-
Kami akan mengadakan diskon atau
obral, untuk meminimalisir biaya agar tidak terjadinya kerugian atau
mengusahakan balik modal.
-
Kami akan membuat ciri khas tertentu
pada kios/ lapak kami baik dari segi papan petunjuk lokasi, furniture yang
menarik, dan leaflet promosi.
-
Kami akan segera mungkin memesan
produk yang sejenis ke vendor supaya konsumen kami puas terhadap pelayanan yang
kami berikan, atau kami akan menyarankan untuk mengganti item pesanan tersebut
dengan item yang tidak terlalu berbeda sehingga konsumen tidak merasa kecewa.
No
|
Keterangan
|
Satuan
|
Unit
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
|
1
|
Hanger Baju
|
50
|
buah
|
Rp 5.000
|
Rp 250.000
|
|
2
|
Tempat Gantungan Hanger
|
2
|
buah
|
Rp 150.000
|
Rp 300.000
|
|
3
|
Kunci Pengaman Gudang Persediaan
|
2
|
buah
|
Rp 25.000
|
Rp 50.000
|
|
4
|
Tempat Gantungan Aksesoris
|
2
|
buah
|
Rp 150.000
|
Rp 300.000
|
|
Jumlah
|
Rp 900.000
|
|||||
C.
|
Pakaian
|
|||||
No
|
Keterangan
|
Satuan
|
Unit
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
|
1
|
Celana
Panjang Standar (Bahan Jeans)
|
60
|
helai
|
Rp 70.000
|
Rp 4.200.000
|
|
2
|
Celana
Panjang Pensil (Bahan Jeans)
|
60
|
helai
|
Rp 75.000
|
Rp 4.500.000
|
|
3
|
Celana
Panjang standar (Bahan Kain)
|
40
|
helai
|
Rp 60.000
|
Rp 2.400.000
|
|
4
|
Celana
Pendek
|
40
|
helai
|
Rp 50.000
|
Rp 2.000.000
|
|
5
|
Polo
Shirt
|
40
|
helai
|
Rp 40.000
|
Rp 1.600.000
|
|
6
|
Baju
Kemeja
|
60
|
helai
|
Rp 40.000
|
Rp 2.400.000
|
|
7
|
t-Shirt
|
100
|
helai
|
Rp 35.000
|
Rp 3.500.000
|
|
8
|
Biaya Kirim
|
1
|
ball
|
Rp 500.000
|
Rp 500.000
|
|
Jumlah
|
Rp 21.100.000
|
|||||
D.
|
Aksesoris
|
|||||
No
|
Keterangan
|
Satuan
|
Unit
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
|
1
|
Topi
|
40
|
buah
|
Rp 8.500
|
Rp 340.000
|
|
2
|
Tali Pinggang
|
30
|
buah
|
Rp 15.000
|
Rp 450.000
|
|
3
|
Dompet
|
30
|
buah
|
Rp 15.000
|
Rp 450.000
|
|
4
|
Gelang Rakitan
|
40
|
buah
|
Rp 2.500
|
Rp 100.000
|
|
5
|
Cincin
|
40
|
buah
|
Rp 5.000
|
Rp 200.000
|
|
6
|
Kalung
|
40
|
buah
|
Rp 7.500
|
Rp 300.000
|
|
7
|
Gantungan Kunci
|
40
|
buah
|
Rp 5.000
|
Rp 200.000
|
|
8
|
Sarung HP Bergambar
|
100
|
buah
|
Rp 10.000
|
Rp 1.000.000
|
|
Jumlah
|
Rp 3.040.000
|
|||||
E.
|
Pembuatan Katalog
|
|||||
No
|
Keterangan
|
Satuan
|
Unit
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
|
1
|
Biaya Cetak
|
50
|
buah
|
Rp 20.000
|
Rp 1.000.000
|
|
Jumlah
|
Rp 1.000.000
|
|||||
F.
|
Website e-commerce
|
|||||
No
|
Keterangan
|
Satuan
|
Unit
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
|
1
|
Jasa Pembuatan Website e-commerce
|
1
|
tahun
|
Rp 660.000
|
Rp 660.000
|
|
2
|
Jasa Hosting dan Domain setahun
|
1
|
tahun
|
Rp 150.000
|
Rp 150.000
|
|
Jumlah
|
Rp 810.000
|
|||||
Jumlah modal awal
|
||||||
A.
|
Tempat dan
Perizinan
|
Rp 5.150.000
|
||||
B.
|
Peralatan
|
Rp 900.000
|
||||
C.
|
Pakaian
|
Rp 21.100.000
|
||||
D.
|
Aksesoris
|
Rp 3.040.000
|
||||
E.
|
Pembuatan
Katalog
|
Rp 1.000.000
|
||||
F.
|
Website
e-commerce
|
Rp 810.000
|
||||
TOTAL
|
Rp 32.000.000
|
|||||
Dana real yang dibutuhkan
|
Rp 32.000.000
|
|||||
5.3. Laba Rugi
BIAYA OPERASIONAL PER BULAN
|
|||||||||
A. Operasioanl Umum
|
|||||||||
No
|
Keterangan
|
Unit
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
|||||
1
|
Listrik
|
1
|
bulan
|
25.000
|
25.000
|
||||
2
|
Gaji
|
4
|
orang
|
750.000
|
3.000.000
|
||||
3
|
Iuran Keamanan
|
1
|
bulan
|
25.000
|
25.000
|
||||
4
|
Iuran kebersihan
|
1
|
bulan
|
25.000
|
25.000
|
||||
Jumlah
|
3.075.000
|
||||||||
B. Operasional Promosi
|
|||||||||
No
|
Keterangan
|
Unit
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
|||||
1
|
Biaya Kirim Katalog
|
50
|
katalog
|
7.500
|
375.000
|
||||
2
|
Biaya Iklan Website
|
1
|
30.000
|
30.000
|
|||||
Jumlah
|
405.000
|
||||||||
C. Operasional Defisit
|
|||||||||
No
|
Keterangan
|
Unit
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
|||||
1
|
Defisit Peralatan
|
2,00%
|
perbulan
|
900.000
|
18.000
|
||||
2
|
Website
e-commerce
|
2,00%
|
perbulan
|
660.000
|
13.200
|
||||
3
|
Jasa Hosting dan Domain setahun
|
10,00%
|
perbulan
|
150.000
|
15.000
|
||||
Jumlah
|
46.200
|
||||||||
D. Total Operasional perbulan
|
|||||||||
A. Operasioanl Umum
|
Rp 3.075.000
|
||||||||
B. Operasional Promosi
|
Rp 405.000
|
||||||||
Rp 3.480.000
|
|||||||||
E. Angsuran Kios/ Lapak Perbulan
|
|||||||||
1
|
Angsuran sewa Kios/lapak
|
per
|
bulan
|
Rp 416.667
|
|||||
Jumlah yang harus dikeluarkan per bulan
|
|||||||||
C. Operasional Defisit
|
Rp 46.200
|
||||||||
D. Total Operasional perbulan
|
Rp 3.480.000
|
||||||||
E. Angsuran Kios/ Lapak Perbulan
|
Rp 416.667
|
||||||||
TOTAL
|
Rp 3.942.867
|
||||||||
Perkiraan Laba bersih perbulan
1
Omzet
Rp
6.265.000
2
Operasional
Rp
3.942.867
3
Lababersih
Rp
2.322.133
Perkiraan BEP
No
Keterangan
unit
Jumlah
1
Modaltotal
= Rp
32.000.000
2
Lababersih
Per bulan
= Rp 2.322.133
perbulan
3
BEP
Rp32.000.000
/Rp2.322.133
= 14 bulan + 1 bulan masa promosi
4
Pemodal
70% xRp2.322.133
= Rp 1.625.493
perbulan
5
Pengelolah
30% xRp2.322.133
= Rp 696.640
perbulan
6
BEMPemodal
Rp32.000.000/Rp1.625.493
= 20 bulan atau 1,6 Tahun
|
Perkiraan Semua Omzet per bulan Tahun 2010
Diperkirakan
kenaikan laba yang diinginkan adalah 20% setiap tahunnya
|
|||||||||
No
|
Keterangan
|
Jumlah Persediaan satu bulan
|
Penjualan/ Bulan
|
Harga Beli
|
Harga Jual Minimum
|
Laba/ Bulan
|
Laba/ Tahun 2010
|
Laba/ Tahun 2011
|
Laba/ Tahun 2012
|
PAKAIAN
|
|||||||||
1
|
Celana Panjang Standar
(Bahan Jeans)
|
60
|
50
|
70.000
|
85.000
|
750.000
|
9.000.000
|
10.800.000
|
12.960.000
|
2
|
Celana Panjang Pensil
(Bahan Jeans)
|
60
|
50
|
75.000
|
90.000
|
750.000
|
9.000.000
|
10.800.000
|
12.960.000
|
3
|
Celana Panjang
standar (Bahan Kain)
|
40
|
35
|
60.000
|
70.000
|
350.000
|
4.200.000
|
5.040.000
|
6.048.000
|
4
|
Celana Pendek
|
40
|
35
|
50.000
|
60.000
|
350.000
|
4.200.000
|
5.040.000
|
6.048.000
|
5
|
Polo
Shirt
|
40
|
35
|
40.000
|
45.000
|
175.000
|
2.100.000
|
2.520.000
|
3.024.000
|
6
|
Baju Kemeja
|
60
|
50
|
40.000
|
50.000
|
500.000
|
6.000.000
|
7.200.000
|
8.640.000
|
7
|
t-Shirt
|
100
|
80
|
35.000
|
40.000
|
400.000
|
4.800.000
|
5.760.000
|
6.912.000
|
TOTAL
|
3.275.000
|
39.300.000
|
47.160.000
|
56.592.000
|
|||||
AKSESORIS
|
|||||||||
1
|
Topi
|
40
|
35
|
8.500
|
15.000
|
227.500
|
2.730.000
|
3.276.000
|
3.931.200
|
2
|
Tali Pinggang
|
30
|
35
|
15.000
|
25.000
|
350.000
|
4.200.000
|
5.040.000
|
6.048.000
|
3
|
Dompet
|
30
|
35
|
15.000
|
25.000
|
350.000
|
4.200.000
|
5.040.000
|
6.048.000
|
4
|
Gelang
|
40
|
35
|
2.500
|
7.500
|
175.000
|
2.100.000
|
2.520.000
|
3.024.000
|
5
|
Cincin
|
40
|
35
|
5.000
|
25.000
|
700.000
|
8.400.000
|
10.080.000
|
12.096.000
|
6
|
Kalung
|
40
|
35
|
7.500
|
30.000
|
787.500
|
9.450.000
|
11.340.000
|
13.608.000
|
7
|
Sarung HP bergambar
|
100
|
100
|
5.000
|
20.000
|
1.500.000
|
18.000.000
|
21.600.000
|
25.920.000
|
TOTAL
|
2.590.000
|
31.080.000
|
37.296.000
|
44.755.200
|
|||||
PENJUALAN KATALOG
|
|||||||||
Penjualan Katalog
|
50
|
40
|
30.000
|
40.000
|
400.000
|
4.800.000
|
5.760.000
|
6.912.000
|
|
TOTAL
|
400.000
|
4.800.000
|
5.760.000
|
6.912.000
|
|||||
JUMLAH
|
6.265.000
|
75.180.000
|
90.216.000
|
108.259.200
|
PENUTUP
Penutup
Demikian Proposal yang kami buat sebagai bahan acuan dan
kerangka dasar demi terlaksananya kegiatan yang dimaksud , sekaligus menjadi
bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu/Saudara ( i ) untuk berpartisipasi dalam
kegiataan ini. Atas perhatian dan bantuannya kami hanturkan Terima Kasih.
Bekasi,21 Oktober 2013
Ketua
Wakil
Kristiyanto
I
Gde Ardikayana
No comments:
Post a Comment