Saturday, August 19, 2017

Persiapan Mesin Induk Pada Saat Kapal OHN

OHN singkatan dari One Hour Notice atau peringatan satu jam sebelum kapal berangkat berlabuh, tiba berlabuh, atau kapal sandar. Intinya adalah peringatan dan persiapan sebelum kapal tiba dan berangkat. Bagi Crew Engine setelah semua perwira menandatangani ceklist OHN sebaiknya berada di Kamar Mesin terutama bagi mereka yang sedang Dinas Jaga. 

PERSIAPAN OHN (
One Hour Notice) PADA SAAT KAPAL AKAN BERANGKAT MENINGGALKAN PELABUHAN:

1.menjalankan generator sekaligus parallel dengan generator yang lain untuk menambah daya listrik.


2.periksa tanki BBM, expansi air tawa pendingin, tambah bila kurang.


3.periksa tekanan udara start bertekanan 30kg/cm2, isi bila kurang.


4.periksa jumlah kondisi minyak lumas dalam LO sump tank, tambah bila kurang.


5.jalankan pompa minyak lumas untuk priming, Pompa bahan bakar, pompa SW (sea water )


6.jalankan turning gear kurang lebih 30 menit .


7.laukukan blow off dengan udar start.


8.tutup kran indicator.


9.bila memungkinkan, coba mesin maju mundur dengan koordinasi sama mulaim jaga.


10.bila semua sudah siap dan tidak ada masalah siapkan telegraph posisi standby engine.

Standar tugas jaga sesuai dengan BAB VIII section A STCW 1995

PERSIAPKAN OHN PADA SAAT KAPAL TIBA:


1.siapkan formulir check list sebelum tiba.


2.jalankan generator sekaligus paraleldengan generator yang lain untuk menambah daya.


3.periksa tekanan udaraa start dalam botol angin.


4.selanjutnya menunggu perintah dari anjungan.


5.setelah olah gerak selesai masinis jaga tidak segera meninggalkan kamar mesin.


6.buka kran indicator untuk blow up ME.


7.turning gear selama lebih kurang 30 menit.


8.matikan pompa yang tidak di perlukan.


PRINSIP OLAH GERAK (langkah-langkah mempersiapkan mesin induk meninggalkan kapal):


1.warning up (pemanasan mesin induk)


2.trial engine (menoren mesin induk)


3.standby


4.running up/full away.


WARNING UP ( pemanasan mesin induk):


1.menjalankan kedua diesel engine generator


2.menjalankan ketel uap.


3.menjalankan sirkulasi air laut pendingin ( sea water).


4.menjalankan sirkulasi air tawar pendingin cylinder (jaket cooling fresh water)


5.memeriksa jumlah bahan bakar di tiap2 tanki


6.menjalankan sirkulasi pelumasan stren tube.


TRIAL ENGINE:


1.membuka katup udara start utama (main starting air) dan tabung udara start di cerat.


2.mematikan motor turning.


3.melepas handle dari roda gila.


4.posisi remot di pindah dari C/R ke W/H.


5.di lakukan pengetesan kemudi darurat.


STANDBY:


1.menunggu perintah dari anjungan


2.siap melakukan perubahan kecepatan


3.memperhatikan kondisi bejana udara start.


RUNNING UP (FULL AWAY):


1.mematikan salah satu diesel generator


2.menutup udara start utama


3.mematikan salah satu compressor


4.mengganti bahan bakar dari MDO dan MFO


5.menerima petunjuk khusus dari KKM



Apabila ada yang kurang silahkan di tambah di kolom komentar, marilah belajar bersama agar bisa berbagi kepada mereka yang membutuhkan tentang Persiapan Mesin Induk Pada Saat OHN

No comments:

Post a Comment

DAFTAR PUSTAKA KARYA ILMIAH PRAKTEK AKHIR ALDI KENEDI - BALOON GARJO

DAFTAR PUSTAKA Amri dan Kanna. 2008. Budidaya Udang Vannamei Secara Intensif, Semi  Intensif, dan Tradisional. Gramedia Pustaka. Jakarta A...