Saturday, August 19, 2017

Poin Penting di Engine Room Yang Harus Dilakukan Ketika Kapal Sedang Docking

Ketika Kapal Berada di Dock Kering, dibutuhkan perawatan terhadap Main Engine dan komponennya atau termasuk perawatan terhadap Engine Room. 

Dimana di dalam Dry Dock Main Engine dan Generator beserta yang lainya tidak di operasikan, sehingga memerlukan Perawatan Khusus agar dalam Menghidupkanya kembali ketika sudah selesai Dock akan lebih mudah dan diharapkan tidak ada trouble ketika Sea Trial.


Beberapa Point Penting dibawah ini merupakan Poin Penting Perawatan Main Engine Yang Harus Dilakukan Ketika Kapal Sedang Docking yaitu :

1. Pastikan Semua Tanki di Engine Room dalam keadaan kosong atau isi sesua Permintaan Chief Officer untuk kebutuhan seperlunya seperti olah gerak ketika sebelum naik dock, hal ini dilakukan agar tidak ada bahaya saat perbaikan di Engine Room, diantaranya pengerjaan pengelasan dan lain-lain.

2. Matikan semua Auxiliary Engine, kecuali pesawat yang dibutuhkan saja seperti Pompa air tawar atau Emergency Generator apabila dibutuhkan, karena dalam dock kering biasanya listrik penerangan berasal dari darat.

3. Mengisolasi, atau menutup kran-kran urutan start untuk Generator

4. Biarkan Pompa Air Tawar Pendingin menyala apabila Kapal baru masuk ke dock agar Main Engine Suhu menurun

5. Transfer atau pindahkan Lube Oil dari Sump Tank Ke Settling Tank menggunakan Purifier

6. Matikan Lube Oil dan Fuel Oil Purifier

7. Matikan Pesawat yang berada di Deck dan mengisolasinya dari Main SwitcBoard

8. Matikan Boiler, dan menutup kran - kran yang menuju Boiler, Termasuk kran Air tawar ( Feed Water Pump ) settling tank, steam, Fuel Oil dan dari Pompa Steam Boiler,  ( check terlebih dahulu sebelum perbaikan pada boiler dilaksanakan) .

9. Matikan Stern Tube System dan tutup Kran yang menuju Stern Tube

10. Matikan Pendingin Gant Room ( Refrigerant Room ) dan Central Air Conditioner

11. Amankan Engine Room dari Bahaya Kebakaran Dengan Fire Fighting System maupun CO2 dan Foam.

12. Menjaga Peralatan berharga di Engine Room, sangat penting.


Dan masih Banyak lagi tentang Poin Penting di Engine Room Yang Harus Dilakukan Ketika Kapal Sedang Docking silahkan ditambahkan di kotak Komentar dan jangan lupa Like Postingan ini

No comments:

Post a Comment

DAFTAR PUSTAKA KARYA ILMIAH PRAKTEK AKHIR ALDI KENEDI - BALOON GARJO

DAFTAR PUSTAKA Amri dan Kanna. 2008. Budidaya Udang Vannamei Secara Intensif, Semi  Intensif, dan Tradisional. Gramedia Pustaka. Jakarta A...