Troubleshooting Pada Genset
Terkadang banyak masalah yang sering timbul di genset anda,sangat membingungkan apalagi bagi yang masih baru mengenal genset. Berikut adalah tabel untuk troubleshooting yang sering terjadi pada genset.
MASALAH WIRING KONTROL GENERATOR
Lampu pilot tidak menyala
Amperemeter tidak menunjuk
Frekuensi tidak tampak
Tegangan tidak keluar
MASALAH WIRING KONTROL MESIN
|
PENYEBAB
|
Battery drop
|
Air Accu kurang
|
Charge alternator tidak bekerja
| |
Mesin jarang dihidupkan
| |
Start terlalu panjang
| |
Battery diletakkan di lantai dalam waktu yang lama
| |
Solenoid tidak membuka
|
Fuse ada yang putus
|
Sambungan kabel kurang baik / kendor
| |
Relay tidak bekerja
| |
Timer tidak bekerja
| |
Solenoid rusak
| |
Solenoid rusak
|
Start terlau panjang (synchrostart)
|
Tegangan battery rendah
| |
Pemasangan solenoid salah
| |
Tekanan oli goyang / jarum menunjuk mentok
|
Sender oli kemasukan oli kotor
|
Sender oli putus / rusak
| |
Sambungan kabel ke meter putus / kendor
| |
Tegangan battery salah
| |
Temperatur meter goyang / jarum penunjuk mentok
|
Sender temperatur retak
|
Sender oli rusak
| |
Sambungan kabel putus / kendor
| |
Tegangan accu salah
| |
Lampu indicator charge menyala
|
Charge alternator tidak bekerja
|
Kunci kontak rusak
| |
Starter berlangsung lama / tidak mau berhenti
|
Kunci kontak rusak
|
Relay untuk starter / starter switch rusak (platina lengket)
| |
Crank pinion (bendit) rusak / menyangkut flywheel
| |
Alarm bunyi terus
|
Mesin overheating
|
Mesin rendah tekanan olinya
| |
Mesin overspeed (jika dilengkapi)
| |
Relay / timer ada yang rusak
| |
Mesin tiba-tiba mati
|
Fuse kontrol mesin putus
|
Oil pressure switch bekerja (shutdown)
| |
Temperatur switch bekerja (shutdown)
| |
Relay kontrol rusak
| |
Solenoid / EFC rusak
| |
Ada masalah mesin
| |
RPM mesin tidak bisa tinggi
|
EFC tidak dapat power
|
Magnetic pick up tidak keluar sinyal
| |
Setting run-speed pada EFC kurang tinggi
| |
Actuator kotor / macet
| |
RPM mesin hunting / goyang
|
Setting stability terlalu rendah
|
Setting gain terlalu tinggi
| |
Magnetic pick up kotor
| |
Pengkabelan kurang bagus / kendor
| |
Beban naik turun
| |
RPM Mesin droop
|
Setting droop pada EFC terlalu besar
|
Setting gain terlalu kecil
| |
PENYEBAB | |
Tegangan tidak keluar | |
Fuse panel AC putus
| |
Lampu pilot rusak
| |
Beban belum diberikan | |
Selector switch belu di putar
| |
Kabel atau sambungan kurang bagus
| |
Amperemeter rusak
| |
Current transformer / CT rusak
| |
RPM mesin kurang atau lebih tinggi dari skala | |
Tegangan terlalu kecil
| |
Kabel atau sambungan kurang bagus
| |
Fuse ada yang putus
| |
Frekuensi meter rusak
| |
RPM mesin kurang | |
Fuse ada yang putus
| |
Selector belum di putar pada posisinya
| |
Kabel atau sambungan kurang bagus
| |
Voltmeter rusak
| |
AVR belum di setel
| |
AVR rusak
|
No comments:
Post a Comment